Nyoba Ngoleksi atau Beternak Ikan Cupang.Eps Ikan Cupang Banyak skinnya saat ini.


Ikan Cupang atau Betta sp adalah ikan air tawar yang cukup digandrungi oleh para penikmat ikan hias air tawar.Selain harganya yang bisa dibilang harga anak SD.(walaupun ada cukup banyak juga harga anak kuliah(yg g ngekost ya)).

Ikan hias ini mudah untuk dirawat dan relatif lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya dibanding ikan hias air tawar kebanyakan.Ikan cupang dapat ditaruh di tempat yang kecil ataupun di kolam yang cukup besar juga boleh.Tapi tetap perlu diperhatikan,ikan ini umumnya ikan yang menjaga territorial-nya,atau batas tempat bermukimnya.Jadi apabila ikannya tidak dalam satu pemijahan,disarankan tidak menggabungkan ikan cupang ini dalam satu tempat.

Ikan cupang biasanya yang lebih agresif terdapat pada ikan cupang jantan,namun jangan salah ikan cupang betina apabila pernah dipisahkan dan ditaruh ditempat yang sama,mereka kadang juga tetap agresif.

Untuk jenis ikan cupang,banyak sekali jenisnya namun secara umum biasanya dibagi menjadi : Ikan Cupang hias,ikan cupang adu dan Ikan Cupang alam/liar.

Ketiganya memiliki karakteristik yang cukup berbeda,namun sepertinya tetap memiliki sifat agresif juga.

Ikan Cupang ini,banyak sekali peminatnya baik di lokal maupun diluar.Kontes ikan cupang-pun sering juga diadakan di berbagai kota untuk memilih cupang mana yang bagus dan layak menjadi juara sesuai kategori perlombaannya.

Untuk nama ikan cupang ada yang jenisnya : plakat,Half moon,Crown tail,Giant dll yang terkadang diambil dari warna yang berada di keseharian tubuh ikan cupang.Contohnya saja Plakat Fancy,Marble,Dragon,Lavender,Super Red dll.

Ikan Cupang ini tidak banyak membutuhkan oksigen di dalam kandungan airnya,sehingga dapat bertahan hidup walau tanpa aerator.

Untuk makanan ikan cupang ini yang direkomendasikan sebenarnya adalah pakan hidup yaitu : kutu air,jentik nyamuk(cuk),cacing sutera,Artemia dll.

Namun terkadang pakan yang disebutkan di atas susah untuk didapatkan di beberapa wilayah jadi untuk pakan alternatifnya bisa memakai pelet,udang yang dipotong2 kecil atau kalau terpaksa lagi bisa memakai daging2an yang biasa kita buat untuk lauk pauk,daging ikan,ayam bisa jadi alternatif agar ikan masih bisa hidup sambil menunggu pakan yang terbaiknya ada.

Yup mungkin itu dulu pembahasan sedikit tentang ikan cupangnya.Kalau ada waktu mungkin next bisa dilanjut dan ini ikan cupang yang lagi ada di rumah saya.☺️

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s