Kamera CCTV PTZ ,Kamera CCTV yang Bisa Gerak kanan kiri Atas Bawah dan Zoom


Apa itu kamera PTZ? Mengapa seseorang atau sebuah perusahaan menggunakan kamera PTZ untuk memantau keadaan yang ada disekitarnya.

Kamera PTZ (Pan Tilt Zoom) adalah jenis kamera CCTV yang bisa bergerak ke kanan dan ke kiri (Pan) ,Ke atas dan ke bawah (Tilt) dan memperbesar dan memperkecil (zoom out,zoom in).

Jenis kamera ini biasanya digunakan diarea yang cukup luas dan kedepannya bisa digerakkan oleh operator yang ingin menggerakkan jenis kamera ini.Seperti jenis kamera CCTV pada umumnya kamera ini dibagi menjadi kamera CCTV analog dan Kamera CCTV digital,dimana pada umumnya untuk kamera CCTV PTZ Digital atau IP camera digital bisa langsung digerakkan melalui kabel UTP,sedangkan untuk yang analog biasanya terpisah diantara kabel video dan kabel RS-485-nya sebagai penggerak motornya.

Untuk area yang cukup luas yang ingin dipantau kamera jenis ini untuk yang memiliki lensa yang cukup besar dan resolusi yang cukup tajam,kamera jenis ini bisa memantau jarak bisa lebih dari 300 meter.Cukup jauh bila dibandingkan dengan camera fix lens standart 3,6 mm atau 4mm yang biasanya cukup jelas gambarnya di jarak 4-6 meter saja.

Untuk kamera PTZ biasanya untuk tidak membingungkan customernya dan penjualnya dibagi lagi berdasarkan tingkat zoom-nya ada yang 3x zoom ,10x zoom 20x zoom ,30x zoom dll.Untuk menghitung zoom ini dimulai dari lensa awal paling minimum sikamera misal 10x zoom,apabila lensa minimumnya 2,8mm maka lensa maksimumnya 28mm.jadi jangan heran apabila ada kamera sama-sama 10x zoom ada kemungkinan jarak tangkapan lensanya cukup berbeda,misal yang lainnya lensa paling kecilnya 4mm maka untuk 10x zoom lensa maksimumnya 40mm.tentu cukup berbeda sekali antara 28mm dengan 40mm.Untuk itu penting untuk melihat spesifikasi produk agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Yang kedua yang bisa menjadi pembeda adalah high speed dome dan yang bukan high speed dome untuk kamera PTZ.Karena menggunakan motor sebagai penggeraknya kemampuan motor ini terkadang cukup berbeda-beda ada yang dapat berpindah dengan sangat cepat dan ada yang cukup lambat dalam perpindahannya dari titik satu ke titik lainnya.Untuk satuannya biasanya memakai derajat/second ,misal 240 derajat/detik untuk Pan-nya dan 50 derajat/detik untuk tilt-nya.

Yang ketiga yang perlu diperhatikan adalah apakah gerakan kanan kirinya bisa continues 360 derajat atau tidak.Ini diperlukan bila kita ingin memantau area dengan cukup cepat apakah dari sisi kamera bisa berputar terus ke kanan atau apabila mencapai titik tertentu misal 355 derajat kamera harus berputar ke arah sebaliknya.

Demikian sekilas tentang kamera cctv PTZ yang bisa saya ulas,apabila ada pertanyaan bisa ditanyakan dibagian komentar.Ciayo…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s