Perbedaan AHD, HDCVI, HDTVI dan Analog Standart Pada Kamera CCTV Analog


Pernah bermain-main dengan kamera CCTV,atau kadang bingung ketika memilih kamera CCTV karena ditawari dengan berbagai tipe kamera yang terkadang tidak kita pahami.

Mungkin ini bisa sedikit membantu,sebenarnya apa sich kamera CCTV AHD,HDCVI,HDTVI dan camera Analog standart?

AHD atau Analog HD adalah pengembangan dari kamera CCTV analog sebelumnya,dimana sebelumnya untuk sebuah kamera CCTV analog yang biasanya menggunakan kabel Coaxial memiliki keterbatasan tingkat resolusi gambar karena dibatasi oleh resolusi standart TV yaitu PAL dan NTSC.Untuk istilah PAL dan NTSC tentunya sering kita lihat kan.

Camera CCTV AHD sebenarnya juga merupakan camera analog sama seperti camera CCTV HD lainnya HDCVI dan HDTVI hanya saja resolusinya melebihi standart camera analog standart generasi sebelumnya.

Perbandingan resolusi HD 1080P,720P dengan standart rekam camera analog 960H,D1,2CIF dan CIF
Perbandingan resolusi HD 1080P,720P dengan standart rekam camera analog 960H,D1,2CIF dan CIF

Camera CCTV AHD ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Nextchip corporation sebuah perusahaan semikonduktor,untuk pengembangannya AHD ini terbilang open sehingga banyak produsen kamera yang memproduksi tipe camera ini.Sehingga apabila kita membeli dipasaran tentunya akan terdapat beragam kualitas yang ditampilkan dari tipe camera AHD.

Untuk jenis camera HD yang perlu lebih diperhatikan sebenarnya adalah hasil gambar disaat malam hari,dikarenakan hampir semua camera HD menggunakan sensor CMOS yang kurang terlalu peka dalam kondisi low light ,terkadang beberapa kamera menghasilkan gambar yang banyak noise sehingga hasil gambar terlihat kurang bagus apalagi diarea yang cukup luas dan letak kameranya cukup tinggi.

Lalu bagaimana dengan HDCVI dan HDTVI

HDCVI dan HDTVI juga merupakan camera CCTV analog HD hanya saja beda pengembangnya.Dikarenakan beda pengembangnya ketiga camera analog HD termasuk AHD tidak saling compatible apabila dimasukkan kedalam perekam DVR (Digital Video Network) yang tidak setipe.

Misalnya saja apabila kamera AHD dimasukkan ke DVR HDCVI maka gambar yang dihasilkan tidak maksimal atau bisa saja tidak keluar gambarnya.Untuk itu kita perlu cek dulu DVR yang kita beli support untuk jenis camera apa saja.

Yang kedua yang perlu diperhatikan lagi adalah DVR yang kita beli mampu merekam dan menampilkan dengan kualitas kamera HD sampai berapa Mega pixel.Karena untuk saat ini jenis kamera HD untuk resolusinya ada yang 1MP, 1.3MP, 2MP bahkan ada yang mulai di resolusi 3MP. Apabila DVR-nya tidak support ada kemungkinan gambarnya tidak keluar atau perekamannya tidak bisa diresolusi maksimal pada sisi kamera.

Untuk CCTV analog sebelumnya ini tidak masalah karena resolusinya 420 TVL,520 TVL, 600 TVL, 700 TVL,720TVL, 800 TVL (CMOS) 1000 TVL (CMOS) yang kesemuanya nantinya tetap akan mengikuti standart TV PAL maupun NTSC.

Dikarenakan itu pula apabila kita mencolokkan langsung camera CCTV analog standart ke TV via RCA (colokan kuning (video) putih merah) akan langsung bisa terlihat gambarnya,sedangkan untuk CCTV analog HD ini tidak keluar gambarnya dan bukan kameranya yang rusak.

Mungkin itu dulu penjelasannya apabila ada yang ditanyakan mengenai camera CCTV AHD,HDCVI maupun HDTVI silahkan tinggalkan dikolom komentar ciayo 😀

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s